Berita WOM

Sosialisasi Penyakit Diabetes Bagi Ibu-Ibu PKK Pademangan

Dewasa ini Indonesia bahkan di dunia menjadi ancaman dari penyakit diabetes melitus. Menurut laporan WHO, Indonesia menempati urutan ke empat terbesar dari jumlah penderita diabetes melitus dengan prevalensi 8,6% dari total penduduk sedangkan posisi urutan diatasnya yaitu India, China dan Amerika Serikat. WHO memprediksi kenaikan jumlah penyandang DM di Indonesia dari 8,4 juta pada tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta pada tahun 2030.

Atas hal tersebut, WOM Finance pun menyelenggarakan Talkshow bertajuk “Diabetes Melitus: The Silent Killer Disease” yang diadakan di RPTRA Budi Mulya, Pademangan, Jakarta Utara pada Rabu (25/09). Sebanyak 50 peserta yang merupakan ibu-ibu PKK Kelurahan Pademangan Barat hadir di acara talkshow yang diadakan WOM Finance bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa.

Menurut Dokter Haswan, narasumber acara tersebut, diabetes melitus dikenal sebagai silent killer karena sering tidak disadari oleh penyandangnya dan saat diketahui sudah terjadi komplikasi. Penyebab penyakit diabetes melitus dapat disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, yang paling memengaruhi adalah pola makanan yang tidak sehat dan tidak seimbang. 

“Penyakit ini akan berlangsung seumur hidup yang sangat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga penderita diabetes harus selalu menjaga pola makanannya setiap saat,” sambungnya.

Sedangkan Ibu Erniwati, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Pademangan Barat mengatakan bahwa sosialisasi mengenai penyakit diabetes yang dilakukan oleh WOM Finance ini sangat membantu para ibu-ibu PKK sehingga mereka bisa menjadi aware dengan kesehatan diri dan keluarganya.

“Perempuan usia diatas 45 tahun lebih beresiko terkena diabetes dan Kader Ibu dianggap lebih mampu dan aktif uktuk melaksanakan program kesehatan seperti ini minimal kepada keluarganya masing-masing,” pungkas Ibu Ernawati.***

Ditulis oleh: IT ADMIN Tanggal: 2019-09-25 09:55:50